POLA BINA MAHASISWA UNIDHA TAHUN 2020 SECARA DARING -->

POLA BINA MAHASISWA UNIDHA TAHUN 2020 SECARA DARING

Senin, 05 Oktober 2020


Pola Bina Mahasiswa Baru (Polbinmaru) Universitas Dharma Andalas (Unidha) Tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini Polbinmaru dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting dengan tema Mewujudkan Generasi Kreatif yang Berbudaya, pada Selasa (2/10/2020). Pada acara ini lebih 572 peserta yakni terdiri atas Yayasan Dharma Andalas, Jajaran Universitas Dharma Andalas, Panitia acara, Perwakilan dari UKM dan Lembaga Kampus Unidha, Serta mahasiswa baru Unidha.

Polbinmaru 2020 saat ini tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pada tahun 2020 ini dunia sedang dilanda oleh wabah pandemi Covid-19 yang semakin hari tentunya bertambah terkhusus di Indonesia dan di Sumatra Barat sendiri. Karena tidak ingin adanya resiko jika Polbinmaru dilakukan secara offline maka pihak kampus dan lembaga di Universitas sepakat untuk melakukan Polbinmaru 2020 secara online. “Seharusnya Polbinmaru ini dilakukan dilapangan namun karena adanya pandemi ini kita melakukan Polbinmaru secara online” tutur Prof. Dr. Deddi Prima Putra, Apt selaku Rektor Unidha, beliau pun berpesan kepada mahasiswa baru “Ikutilah polbinmaru ini sebaik baiknya karena pada kesempatan ini ananda akan mengenal organisaisi sebaik-baiknya dan mengenal selingkup kampus dengan baik untuk menyongsong masa depan yang baik”.  

Kegiatan Polbinmaru akan dilakukan selama dua hari yakni pada tanggal 2-3 Oktober 2020 yang berisikan kegiatan akademik sekaligus pengenalan mahasiswa. Selain melakukan perkenalan pihak panitia juga menyelenggarakan game melalui kahoot.it agar mahasiswa tidak bosan dalam Polbinmaru 2020 dengan tema seputar pemaparan yang sebelumnya sudah disampaikan.

Khusus untuk hari kedua mahasiswa baru Unidha tahun 2020 lebih di fokuskan untuk mengenal jurusannya masing-masing. “Kalau dari segi pengenalan kampus ini sudah cukup efektif, apalagi karena keadaan juga kan. Tapi nanti kalau bisa disaat tatap muka (perkuliahan sudah normal seperti biasa) diulangin lagi (pengenalan kampus) karena kan tadi videonya cukup cepat jadi cukup terlambat melihat kampus, dosen dan lain-lainya kak.” Ucap Faiz Fadillah Salah satu mahasiswa baru Unidha 2020 dalam wawancara bersama reporter UKPM Galang. Faiz juga menyampaikan “kalau masalah perkuliahan online nantinya dibantu mengenai masalah kuota apalagi nanti pada saat pengiriman tugas adanya keterlambatan disebabkan jaringan didaerahnya jadi mohon pengertian dari dosennya, dan juga masalah kuota saya denger-denger teman-teman sangat membutuhkan kuota dan sering menanyakan apakah sudah diberikan. Kalau bisa harapannya untuk polbinmaru ini absennya lebih diperketat dan dipantau karena kasian sama orang yang udah rela mengeluarin paket data untuk zoom dan ada juga teman-teman yang nggak ikut tapi tetap absen zoom rasanya nggk adil bukannya memihak kak. Kesan saya selama polbinmaru tadi abang-abang dan kakak-kakaknya keren-keren cara ngomongnya cara bicaranya dan benar-benar jiwa pemimpin bangetlah apalagi bagian bapak pimpinan presiden BEMnyaa. Saya senang ikut polbinmaru ini dan saya juga bangga masuk kampus ini. Pungkas Faiz.

Bagi adik-adik mahasiswa baru Tahun 2020 tetap semangat dalam menjalani perkuliahan tetap saling mengenal walaupun belum sempat bertatap muka semoga rasa kekeluargaan tetap terjaga.

 

Reporter : Isnaini Rahmi