Dirgahayu Indonesia Ke-75 Tahun -->

Dirgahayu Indonesia Ke-75 Tahun

Senin, 17 Agustus 2020




Seluruh masyarakat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan ke-75, 17 Agustus 2020, tahun ini mengusung tema Indonesia Maju dengan logo Bangga Buatan Indonesia. Pemilihan tema "Indonesia Maju" memiliki arti yakni untuk merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. 

Hal ini terlihat dari gambar 75 pada tema Indonesia Maju yang terinspirasi dari dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Selain itu, juga memuat arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia. Sementara arti dari logo “Bangga Buatan Indonesia" sebagai upaya menumbuhkan kecintaan warga negara Indonesia terhadap produk lokal atau buatan dalam negeri. 

Perayaan HUT RI kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi COVID-19 yang melanda.Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini upacara bendera juga akan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Yakni dilakukan secara terbatas dan online atau daring untuk menghindari kerumunan orang. Hal ini dilakukan demi mencegah penularan virus Covid-19 serta mendukung protokol kesehatan tetap menjaga jarak alias social distancing.Untuk dapat menyaksikan momen penuh khidmat tersebut, masyarakat Indonesia dapat mengunjungi kanal YouTube resmi Kemenkominfo.Selain melalui kanal YouTube Kemenkominfo, upacara pengibaran bendera juga dapat disaksikan melalui video telekonferensi Zoom yang diselenggarakan oleh pihak Pandang Istana. Semoga dalam Perayaan Kemerdekaan kali ini kita semua tetap bisa menumbuhkan semangat untuk bangsa indonesia, menjunjung tinggi persatuan bangsa kita dengan selalu berkarya untuk negara ini. Merdeka,merdeka,merdekalah indonesiaku. 


Penulis : Fretlin Zandra dan Lutfi Humayrah